Cara Merawat Kucing dengan Baik di Rumah

| | 0 Comments

Kredit HP Pakai Aplikasi Kredivo, Cukup KTP dan 1 Menit untuk Daftar -  Tribunnews.com Mobile

Merawat dan memelihara kucing di rumah punya cara tersendiri. Hewan lucu yang banyak dipelihara di rumah ini sebenarnya hewan yang tidak terlalu rewel dan mudah untuk dipelihara. Namun, untuk jenis-jenis kucing tertentu memang perlu perawatan khusus terutama jenis persia yang punya bulu yang bagus. 

Tak heran jika kebutuhan pakan hingga perawatannya pun memang memerlukan biaya yang cukup tinggi juga. Belum lagi dengan perawatan rutin memandikannya paling tidak seminggu sekali agar tidak bau. Beruntung kini sudah cukup banyak makanan kucing yang dijual secara online, selain itu beberapa alat perawatan kucing juga tersedia dengan mudah lewat marketplace. 

Keuntungan belanja secara online, barang biasanya lebih murah dan terjangkau, pilihan banyak serta bervariasi, terlebih bisa memanfaatkan layanan cicilan dan pinjaman dengan mudah. Sehingga untuk keperluan pembelian sekali pakai bisa dicicil dengan mudah, misalnya rumah kucing, kandang kucing, dan mainan kucing lainnya. 

Lalu bagaimana caranya merawat kucing dengan baik di rumah. Berikut ada beberapa caranya yang bisa kamu jadikan panduan dalam ulasan berikut ini;

Sediakan Air untuk Minum

Ada cukup banyak tempat minum yang bagus dan dijual di marketplace saat ini. Tempat minum yang bisa diakses dengan mudah oleh kucing dan tetap bersih. JIka tidak diberikan akses yang mudah, kadang-kadang kucing suka minum dari air toilet. 

Menghindari hal tersebut, siapkan wadah atau tempat minum kucing sehingga kucing bisa minum setiap saat. Bahkan ada tempat minum dengan jenis air mancur sehingga seolah-olah seperti tempat bermain bagi kucing. Gunakan wadah yang agak tinggi sehingga kucing tidak terlalu repot membungkuk saat hendak minum. 

Ajari Kucing Menggaruk Kukunya di Tempat Tertentu

Sudah menjadi bawaan lahir kucing besar dan kucing kecil punya kebiasaan menggaruk-garukkan kukunya. Masalahnya jika dilakukan di sembarang tempat, alih-alih menjadi binatang kesayangan, sang kucing bisa jadi binatang perusak perabotan rumah tangga. 

Siapkan tiang khusus untuk menggaruk supaya kucing bisa menyalurkan kebiasaannya tanpa perlu merusak furniture di rumah, 

Siapkan Pasir untuk Kotorannya

Salah satu gift yang dimiliki seekor kucing adalah saat mau buang hajat, biasanya dia akan mencari pasir. Nah, sediakan kotak pasir di tempat tertentu yang tidak banyak diakses oleh orang banyak tapi tetap bisa diakses dengan mudah oleh si kucing. 

Jangan memindah-mindahkan kotak pasir terlalu sering agar si kucing tidak bingung. Kotak pasir harus rutin dibersihkan agar kucing juga merasa nyaman saat buang hajat. 

Kebersihan kotak pasir juga harus dijaga. Buang kotoran kucing secara rutin sehari sekali. Sementara kotaknya perlu dicuci paling tidak setiap seminggu sekali dan sekaligus mengganti semua pasirnya. 

Ada beragam jenis pasir kucing, mulai dari pasir kucing yang wangi hingga yang menggumpal saat sudah digunakan. Penggunaan pasir kucing saat ini akan memudahkan kamu dalam membersihkannya sehingga tempat tinggal tidak bau dan tetap nyaman. 

Beberapa pasir kucing yang bagus dijual antara Rp30 ribu sampai dengan Rp60 ribuan. Agar lebih murah, kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak. Jika belanja lewat marketplace, kamu bisa menambah dengan keperluan lain seperti makanan, mainan hingga produk perawatan kucing seperti shampo atau sabun mandi. Belinya bisa menggunakan layanan cicilan dan pinjaman dari Kredivo. Selain bisa dicicil, menggunakan Kredivo layaknya sebuah paylater. Bisa beli sekarang dan bayar nanti. 

Bunga cicilannya hanya 2.6% saja per bulan dengan tenor 6 bulan dan 12 bulan. Jika ingin lebih singkat bisa pilih tenor 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3% dari total harga barang yang dibeli. Limit pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp30 juta bagi member premium. Jika ingin dicicil paling tidak minimum total keranjang Rp500 ribu. 

Syarat utama menjadi member Kredivo, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.  

Menyikat Bulu dan Memandikan Secara Rutin

Bulu kucing perlu disikat secara teratur agar menjaga kucing tetap bersih dan mengurangi kerontokan dan membantu regenerasi bulu serta menghilangkan bulu-bulu yang sudah rusak. Perhatikan juga kondisi kucing, jika kucing sakit atau stress biasanya akan lebih banyak bulu yang rontok.

Mandikan kucing di salon atau secara mandiri dengan sabun khusus. Memandikan kucing membantu kamu mengontrol tubuhnya terutama jika dikhawatirkan ada benjolan atau kondisi tertentu yang kamu tidak yakin sehingga bisa kamu bawa ke dokter hewan.  

Membersihkan Gigi dan Kuku Secara Rutin

Aktivitas ini tentu tidak mudah. Seperti halnya manusia, gigi dan kuku kucing perlu dilakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan gigi dan kuku. Untuk perawatan kuku bisa dilakukan secara mandiri. Namun, untuk perawatan gigi paling tidak periksakan setiap enam bulan sekali ke dokter hewan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *