Kuliner khas Tasikmalaya yang Siap Memanjakan Lidahmu

September 12, 2020 by No Comments

Berbicara soal kuliner khas Jawa Barat memang tidak pernah bosan untuk dibahas. Ya, terang saja demikian, sebab pada masing-masing daerahnya memiliki kuliner khas yang berbeda-beda. Begitu juga dengan daerah Tasikmalaya, yang memang terkenal dengan keberagaman kulinernya. Nah, bagi kamu yang ingin tahu seputar kuliner-kuliner khas Tasikmalaya, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah  ini.

1. Wajit

Pada dasarnya, wajit ini merupakan kuliner tradisional yang ada di setiap daerah di Jawa Barat. Uniknya lagi, meskipun bentuk dan namanya sama, namun cita rasa wajit dari masing-masing daerahnya memiliki cita rasa yang berbeda-beda lho. Begitu pun dengan wajit khas Tasik, yang memiliki cita rasa berbeda dengan wajit khas daerah Jawa Barat lainnya. Wajit itu sendiri terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, serta parutan kelapa.

2. Opak

Selain wajit, opak juga merupakan salah satu kuliner khas Tasikmalaya yang tentunya wajib kamu coba. Opak memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah, yang terbuat dari campuran tepung beras, gula pasir, dan bahan lainnya. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan opak, entah itu di pusat kota Tasik maupun di kabupaten Tasikmalaya. Disamping rasanya yang enak, harga yang ditawarkannya pun sangat ramah dengan isi dompetmu lho.

3. Nasi Tutug Oncom

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kuliner-kuliner khas Sunda itu selalu tidak lepas dari peran oncom. Ya, salah satunya adalah nasi tutug oncom khas Tasikmalaya, yang kelezatannya sudah terkenal diseluruh provinsi Jawa Barat. Biasanya, satu porsi nasi tutug oncom ini akan disajikan dengan berbagai lalapan dan lauk pauk.

4. Kolontong

Kuliner khas Tasikmalaya berikutnya yang siap memanjakan lidahmu, yakni bernama kolontong. Kuliner tersebut memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah, yang terbuat dari campuran bahan tepung ketan dan gula merah. Tentu saja kolontong ini sangat cocok jika ditemani dengan segelas teh tawar hangat. Terdapat beberapa daerah di Tasikmalaya yang terkenal sebagai pusatnya kolontong, seperti Cipedes, Cihideung, dan Cisayong.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *